[ Updated ] 12 Game Sepak Bola Terbaik Untuk Android & iOS | Kumpulan Kata Kata Mutiara 2018
Home » » [ Updated ] 12 Game Sepak Bola Terbaik Untuk Android & iOS

[ Updated ] 12 Game Sepak Bola Terbaik Untuk Android & iOS

Updated: 12 Game Sepak Bola Terbaik Untuk Android & iOS

Updated: 12 Game Sepak Bola Terbaik Untuk Android & iOS

Update 01 Mei 2015
Dalam update kali ini saya menghilangkan beberapa game yang sudah ditinggalkan oleh sang developer ataupun game yang sudah tidak relevan lagi untuk tahun sekarang. Sebagai gantinya saya memasukkan 4 game baru yang dirilis beberapa bulan lalu. Enjoy!

Sepak bola boleh jadi olahraga yang paling populer di dunia, namun sayangnya untuk dunia mobile gaming sepak bola bukanlah game yang paling populer. Itu mengapa mencari game bertema sepak bola yang bagus di Apple App Store dan Google Play bukan hal yang mudah. Tapi jangan khawatir karena saya telah menghabiskan ratusan jam (ok, mungkin saya berlebihan) untuk mencari game sepakbola paling seru untuk kamu mainkan.
Daftar ini telah saya buat ulang dan akan saya update terus seiring ada game bola baru yang seru jadi pastikan kamu selalu mengunjungi post ini secara berkala (bookmark). Tanpa berpanjang-panjang lagi inilah game sepak bola yang wajib kamu punya.

FIFA 15

FIFA 15 | Screenshot 1
Saya memang sedikit licik memasukkan FIFA 15 dalam daftar ini namun mengingat game ini akan dirilis dalam hitungan beberapa minggu lagi (23 September 2014) jadi saya pikir kamu harus tahu. Berbeda dengan FIFA 14 yang hanya tersedia separuh gratis, FIFA 15 akan tersedia secara gratis sepenuhnya. Kontrolnya juga akan menggunakan D-pad setelah banyak fans yang merasa tidak suka dengan kontrol swipe dan tap.
Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai FIFA 15 dan juga melihat screenshot lainnya kamu bisa klik di sini.

PES Manager

PES Manager | Screenshot 1
Berbeda dengan Football Manager Handheld 2014 yang mengedepankan fitur realistis dengan segala kompleksitasnya, PES Manager menggunakan pendekatan yang lebih casual. Kamu yang suka bola namun tidak ingin terjun terlalu dalam mengelola tim akan cocok dengan game yang satu ini. Ada dua kelebihan PES Manager dibanding dengan Football Manager Handheld 2014, yang pertama adalah simulasi pertandingan 3D (FM hanya menggunakan grafis 2D) dan yang kedua adalah harganya yang gratis. Kedua alasan ini rasanya sudah cukup untuk membuat kamu mengunduh PES Manager bukan?
Apple App Store Link: PES Manager, Gratis
Google Play Link: PES Manager, Gratis | Review PES Manager

Champ Man 15

Champ Man 15 | Screenshot
Champ Man 15 baru saja dirilis oleh Square Enix sebagai penyegaran terhadap game Champ Man Mereka. Lewat seri terbarunya ini Square Enix telah melakukan update roster pemain mengikuti data terbaru, serta peningkatan match engine sehingga laju pertandingan lebih realistis.
Masih sama seperti seri sebelumnya, jika kamu ingin menangani team yang terkenal seperti arsenal maka kamu harus mempunyai coach badge yang dapat kamu beli lewat IAP seharga Rp. 9.500. Namun kali ini jika kamu tidak ingin mengeluarkan uang maka kamu dapat bermain dan meningkatkan level manajer sampai 10 untuk dapat menangani team impian kamu secara gratis. Not bad bukan? Belum ada konfirmasi namun Champ Man 15 untuk Android seharusnya akan tersedia dalam waktu dekat.
Apple App Store Link: Champ Man 15, Gratis
Google Play Link: Champ Man 15, Gratis

Soccer Rally 2: World Championship

Soccer Rally 2 | Screenshot
Seperti yang kamu bisa lihat di atas Soccer Rally 2 menggunakan mobil sebagai pengganti orang. Memang game ini terasa sulit untuk dimainkan pertama kali namun ketika sudah terbiasa Soccer Rally 2: World Championship adalah game yang sangat fun untuk dimainkan. Kualitas 3D grafisnya terbilang bagus dengan berbagai menu yang lengkap mulai dari upgrade, mode multiplayer, sampai dengan mode World Championship mode. Soccer Rally 2 juga mempunyai berbagai soundtrack yang sangat enak di dengar untuk ukuran game sepak bola dan bahkan game secara umum.
Apple App Store Link: Soccer Rally 2: World Championship, Gratis
Google Play Link: SoccerRally World Championship, Gratis

FIFA 14

FIFA 13 | Screenshot 2
Tentu saja FIFA 14 berada paling atas karena ini merupakan salah satu game paling ikonik untuk urusan sepakbola di App Store & Google Play. Salah satu perubahan terbesar dalam seri kali ini adalah kontrolnya yang sudah tidak lagi menggunakan on-screen button melainkan swipe dan tap. Ini mungkin akan membuat sebagian pemain mengangkat alisnya namun EA mengatakan bahwa kontrol seperti ini lebih baik untuk layar sentuh.
FIFA 14 bisa kamu download secara gratis, beberapa mode akan tersedia secara gratis sedangkan mode lain seperti kick off, tournament, & manager mode harus kamu beli dengan harga Rp. 49.000. Untuk kualitas grafis dan game secara keseluruhan FIFA 14 adalah salah satu game sepakbola terbaik yang bisa kamu dapatkan di App Sore dan juga Google Play.
Apple App Store Link: FIFA 14, Gratis
Google Play Link: FIFA 14, Gratis

Score! Classing Goals

Score! World Goals | Screenshot
Score! bisa dikategorikan sebagai game bola yang unik karena dalam game ini kamu hanya akan mengendalikan pemain ketika momen-momen penting yaitu saat mencetak gol. Jadi ibaratnya kamu hanya akan memainkan highlight dari sebuah pertandingan bola. Sebuah konsep unik yang menarik, terutama bagi kamu yang suka permainan bola namun tidak mempunyai waktu yang banyak.
Cara bermainnya adalah dengan swipe di layar dan memastikan bahwa arahnya tepat, biasanya kamu harus mengoper bola 1-2 kali sebelum akhirnya kamu dapat menendang ke arah gawang. Game ini sedikit bersifat trial dan error karena kamu harus mencari arah swipe yang tepat sehingga tidak dihadang oleh penjaga gawang. Lewat game ini kamu juga akan menemukan goal-goal terkenal dari pertandingan klasik dunia, namun tanpa pemain asli melainkan hanya mereka ulang goal yang terkenal. Super fun!
Apple Store Link: Score! World Goals, Gratis
Google Play Link: Score! World Goals, Gratis

First Touch Soccer 2014

First Touch Soccer 2014 | Screenshot 1
Jika kamu tidak menyukai FIFA 14, maka kamu bisa mencoba First Touch Soccer 2014 karena keduanya cukup mirip dalam hal gameplay. Namun memang game ini memiliki kualitas gameplay dan grafis yang lebih rendah. Tapi jika di FIFA 14 kamu harus membayar untuk memainkan seluruh mode maka di sini kamu bisa bermain secara gratis dengan cara grinding alias kerja keras.
Fair warning: Gratis, tapi cukup penuh dengan IAP. Namun jika kamu tidak ingin membayar pun masih bisa main. Baca ulasan lengkap First Time Soccer 2014 di sini untuk mengetahui lebih detail mengenai game ini.
Apple App Store: First Touch Soccer 2014, Gratis

Flick Kick Football Kickoff

Flick Kick Football Kickoff | Screenshot
Sesuai judulnya, lewat game ini kamu akan memainkan sepakbola namun langsung kebagian tendangan bebas. Kamu bisa mengontrol kekuatan tendang dan juga arah lewat flick atau sapuan jari kamu. Selain terdapat mode biasa, Flick Kick Football Kickoff juga mempunyai mode target di mana kamu akan ditantang untuk menendang bola ke arah gawang namun dengan tambahan target. Game ini tersedia secara gratis untuk kamu mainkan sekarang juga di iOS dan Android.
Apple App Store: Flick Kick Football Kickoff, Gratis
Google Play Link: Flick Kick football Kickoff, Gratis

Flick Kick Legends

Flick Kick Legends | Screenshot 3
Kamu mungkin bingung mengapa begitu banyak game flick dalam daftar ini. Salah satu alasannya adalah membuat game sepakbola penuh memerlukan banyak waktu dan resource sehingga tidak banyak developer yang berani membuat game dengan genre full soccer. Sisi baiknya adalah mulai bermunculan game lain yang memang tidak menawarkan gameplay yang penuh namun lebih kreatif dan unik seperti Flick Kick Legends.
Di sini kamu hanya perlu melakukan flick/sapuan pada saat yang tepat untuk memastikan sang pemain mengoper dan menembak bola dengan akurat. Terdengar sederhana memang namun ketika mencobanya sendiri kamu akan dibuat penasaran karena tidak semudah yang dipikirkan. Grafisnya menggunakan cell shader yang membuat game ini tampak unik apa lagi dengan temanya yang oldies.
Apple App Store Link: Flick Kick Legends, Free
Google Play Link: Flick Legends, Free

Pocket League Story 2

Pocket League Story 2 | Screenshot-1
Jika kamu mencari sebuah game sepakbola yang berbeda dan lebih bertema fun namun dalam waktu yang sama tetap menantang maka Pocket League Soccer 2 yang baru tersedia di Google Play Ini wajib kamu coba. Secara pribadi saya belum pernah memainkan sekuelnya ini namun Kairosoft selama ini tidak pernah mengeluarkan game dengan kualitas asal-asalan sehingga saya cukup yakin bahwa game ini juga akan fun. Perbedaan yang paling signifikan dibanding dengan seri sebelumnya adalah PLS 2 menggunakan sistem freemium.
Google Play Link: Pocket League Story 2, Gratis

Fluid Football

Fluid Football | Screenshot
Fluid Football terasa seperti memainkan sepakbola digabung dengan film The Matrix. Ini karena kamu akan bergerak dalam kecepatan lambat ketika bermain. Konsep dari game ini adalah set dan eksekusi yang artinya kamu harus menentukan terlebih dahulu arah passing dan kemudian melihat hasilnya.
Selama permainan kamu akan diberikan pandangan kamera bird view sehingga kamu bisa melihat di mana saja letak pemain lain, namun jika kamu sudah mencapai gawang maka pandangannya akan berubah menjadi first person sehingga tembakan menjadi akurat. Dibanding yang game sepakbola lainnya fluid football terasa kurang real-time, namun jauh lebih strategis.
Google Play Link: Fluid Football, Gratis

Football Manager Handheld 2014

Football Manager Handheld 2014 | Screenshot 1
Football Manager 2014 memang tidak memiliki fitur yang sama persis dengan versi PC-nya namun game yang satu ini setidaknya mampu membawa pengalaman sebuah game football manager ke dalam mobile gaming. Saya yang tidak pernah memainkan versi PC-nya saja sudah dibuat kewalahan dengan begitu banyak pilihan. Karena ini adalah game premium dan mempunyai lisensi resmi maka kamu akan menemukan status dan juga foto yang akurat dari team kecintaan kamu. Baca review lengkap dari Football Manager 2014 disini.
App Store Link: Football Manager Handheld 2014, Rp. 95.000
Google Play Link: Football Manager Handheld 2014, $9.99

1 komentar:

Silahkan Komentar Tentang Artikel Ini,. Yang Kami Harapkan Kalian Bisa Berkomentar Mengikuti Peraturan
Seperti di Bawah ini ↓

1. Harap Berkomentar yang Sopan
2. Dilarang Komentar Link Aktif, Karna Akan Di Anggap Spam
3. Komentar Sesuai ISI Artikel

Komentar Anda Akan Dilihat Banyak Orang, Jadi Keluarkan Lah Komentar Terbaik Anda